ARITMATIKA KOMPUTER

Dewasa ini, teknologi informasi berkembang dengan sangat cepat. Seiring dengan berkembangnya teknologi, maka dibutuhkan berbagai macam komponen alat ukur yang mendukung, diantaranya adalah ilmu, alat dan sumber daya manusia yang handal. Dalam bidang ilmu pengetahuan dan sumber daya manusia, sudah sangat berkembang terlihat daribanyaknya perguruan tinggi yang memfokuskan diri dalam bidang teknologi. Hal ini perlu diimbangi dengan adanya dukungan dari segi alat untuk mengaplikasikan ilmu.

ALU (Arithmetic Logic Unit)

        ALU di sini adalah Arithmetic and Logic Unit yang dalam bahasa Inggris kamus adalah Unit logika dan Aritmatematika. ALU ini terletak di microprocessor (processor) baik yang bermerek Intel, Power PC, atau AMD. Sesuai dengan namanya, ALU bertindak untuk melakukan operasi aritmatik seperti pengurangan-penambahan dan operasi logika seperti lebih besar, lebih kecil, dan sama dengan.

ALU juga bisa di artikan sebagai salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika.

Tujuan ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program.

Operator logika yang dipakai pada ALU adalah sebagai berikut :
a. sama dengan (=)
b. tidak sama dengan (<>)
c. kurang dari (<)
d. kurang atau sama dengan dari (<=)
e. lebih besar dari (>)
f. lebih besar atau sama dengan dari (>=)

Konversi Bilangan

Konversi bilangan adalah suatu proses dimana satu system bilangan dengan basis tertentu akan dijadikan
bilangan dengan basis yang lain.

Sistem Bilangan terdiri dari 4 antara lain :

  1. Desimal (Basis 10) adalah Sistem Bilangan yang paling umum digunakan dalam kehidupan
    sehari- hari. Sistem bilangan desimal menggunakan basis 10 dan menggunakan 10 macam simbol bilangan yaitu : 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9.
  2. Biner (Basis 2) adalah Sistem Bilangan yang terdiri dari 2 simbol yaitu 0 dan 1.
  3. Oktal (Basis 8) adalah Sistem Bilangan yang terdiri dari 8 Simbol yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7.
  4. Hexadesimal (Basis 16), Hexa berarti 6 dan Desimal berarti 10 adalah Sistem Bilangan yang terdiri dari 16 simbol yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A(10), B(11), C(12), D(13), E(14), F(15). Pada Sistem Bilangan Hexadesimal memadukan 2 unsur yaitu angka dan huruf. Huruf A mewakili angka 10, B mewakili angka 11 dan seterusnya sampai Huruf F mewakili angka 15.
Konversi Bilangan dibagi menjadi 3 yaitu sebagai berikut :
  1. Konversi dari bilangan Desimal ke Biner.
  2. Konversi dari bilangan Desimal ke Oktal.
  3. Konversi dari bilangan Desimal ke Hexadesimal.
  • Konversi dari bilangan Desimal ke Biner
Bisa dilakukan dengan cara membagi bilangan desimal dengan dua kemudian diambil sisa pembagiannya.

Contoh :
25410      = ................2
254 : 2 = 127 sisa 0
127 : 2 = 63 sisa 1
63 : 2 = 31 sisa 1
31 : 2 = 15 sisa 1
15 : 2 = 7 sisa 1
7 : 2 = 3 sisa 1
3 : 2 = 1 sisa 1
Jadi 25410   = 11111110  Dirutkan dari sisa pembagian terakhir sebagai MSB (Most Significant Bit).
  • Konversi dari bilangan Biner ke Desimal
Contoh :
111111102 =……….10
111111102 = (0 x 20) + (1 x 21) + (1 x 22) + (1 x 23) + (1 x 24) + (1 x 25) + (1 x 26) + (1 x 27)
111111102 = (0) + (2) + (4) + (8) + (16) + (32) + (64) +(128)
111111102 = 25410
Sehingga 111111102 = 25410
  • Konversi bilangan Desimal ke Oktal
Bisa dilakukan dengan cara membagi bilangan desimal dengan 8 kemudian diambil sisa pembagiannya.

Contoh :
4.09710    = ….8
4.097 : 8  = 512 sisa 1
512 : 8  = 64 sisa 0
64 : 8  = 8 sisa 0
8 : 8  = 1 sisa 0
Sehingga 4.09710 = 100018
  • Konversi Bilangan Oktal ke Desimal
Contoh :
100018 = ….10
100018 = 1 X 80 + 0 X 81 + 0 X 82 + 0 X〖 8〗^3 + 1 X 8^4
100018 = ( 1 ) + ( 0 ) + ( 0 ) + (4096)
100018 = 409710
Jadi, 100018= 4.09710
  • Konversi Bilangan Desimal ke Hexadesimal
Bisa dilakukan dengan cara membagi bilangan desimal dengan 16 kemudian diambil sisa pembagiannya.

Contoh :
388810 = ….16
3888 : 16 = 243 Sisa 0
243 : 16 = 15 Sisa 3 (Note;15 = F)
Sehingga 3.88810 = F3016
  • Konversi Hexadesimal ke Desimal
Contoh :
F3016 = ….10
F3016 =  ( 0 x 160) + (3 x 161) + (15 x 162)
F3016 =  ( 0 ) + ( 48 ) + ( 3.840 )
F3016 = 3.88810
Sehingga F3016 = 3.88810

Cara proses ALU pada CPU

Proses merupakan instruksi atau perintah yang dikerjakan oleh computer untuk menjalankan operasi data secara aritmatika dan logika yang dilakukan pada data. Selama proses data, data diubah bentuk, urutan, dan strukturnya sehingga mendapatkan hasilnya. Setelah itu hasil tersebut disimpan didalam data.

CPU terdiri dari 3 bagian utama yaitu :
  • ALU ( aritmatica logical unit)
  • CU ( control unit )
  • REGISTER

A. ALU ( aritmatica logical unit )
          Tugas utama dari ALU ialah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai denagan instruksi tambahan, pengurangan, perkalian dan sebagainya.

B. CU (Control Unit)
          Control Unit ( Unit kontrol ) menyimpan perintah saat ini yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapatkan kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Unit ini berfungsi mengontrol pembacaan instruksi program komputer.

C. Register
          Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai akses kecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan data dn instruksi yang sedang diperoses, sementara data dan instruksi lainnya masih disimpan di dalam memori utama untuk menunggu giliran diproses.


CPU 
Central Processing Unit adalah bagian dari komputer yang bertugas menerima, menerjemahkan, menyimpan, dan mengolah informasi serta menjalankan program kontorl yang disimpan dalam memori.

Processor
Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

ROM
Read Only Memory (ROM) merupakan kumpulan chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang dibutuhkan saat komputer dinyalakan. ROM tidak dapat ditulisi atau diubah isinya oleh pengguna. ROM dibuat dengan sistem instruksi dan program yang sudah disimpan dan diisikan oleh pabrik pembuatnya. Untuk mengganti isinya adalah dengan menggantinya dengan ROM yang baru.

RAM
RAM atau Random Acces Memory, Penggunaan RAM adalah untuk menampung data yang diproses, instruksi program untuk memproses data, data yang telah diproses dan sedang menunggu untuk dikirim sebagai output, serta juga menampung instruksi sistem operasi pengontrol fungsi dasar dari komputer.

MEMORY
Memori adalah perangkat yang berfungsi mengolah data dan instruksi. Semaki besar memori yang disediakan, maka semakin banyak data maupun instruksi yang dapat diolah.Memory berfungsi untuk menyimpan data.

No comments

Theme images by Petrovich9. Powered by Blogger.